Artikel

Pemdes se-Kabupaten Bangli Kembangkan Website Desa Berbasis OpenSID

28 Juni 2018 18:58:15  SID Kedisan  33 Kali Dibaca  Berita Desa

Dalam rangka meningkatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat Pemerintah Desa Susut mengembangkan Sistem Informasi Desa berbasis website. Sistem yang dipergunakan berplatform OpenSID. Platform ini digunakan mengingat sistem ini gratis dan tidak membebani desa dalam biaya pengadaan software atau sistem operasi.

Pengembangan Sistem Informasi Desa dimaksudkan untuk membuka akses informasi publik kepada seluruh masyarakat, baik masyarakat lokal, nasional maupun internasional. Hal ini dimungkinkan mengingat sistem informasi yang dibangun berbasis website desa atau internet desa, sehingga bisa diakses dari seluruh penjuru dunia selama ada jaringan internet.

Sebagai media transparansi SID yang dibangun akan memberikan informasi seputar penggunaan dana terkait pelaksanaan APBDesa. Hal ini akan membangun kepercayaan masyarakat kepada pemerintah desa, yang nantinya akan memunculkan dukungan masyarakat terhadap jalannya pemerintahan desa.

Dari sisi pelayanan kepada masyarakat, SID akan membantu mempercepat pembuatan surat - menyurat. Mulai keterangan domisili, keterangan nikah, keterangan lahir bahkan pengisian formulir yang semula memakan waktu karena banyaknya isian memungkinkan dikerjakan oleh sistem dalam SID.

Manajemen data yang ada dalam SID memungkinkan desa memiliki data yang valid dan update, karena desa bisa melakukan validasi data secara langsung ke masyarakat, sehingga data yang ada adalah data real di masyarakat.

Dan masih banyak lagi sisi positif bagi masyarakat, pemerintah desa dan supra desa yang didapatkan dengan semakin banyaknya desa - desa mengembangkan SID.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:145
    Kemarin:301
    Total Pengunjung:86.128
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.172.236.135
    Browser:Tidak ditemukan