Ngusaba Tegen Desa Kedisan

11 September 2018 14:51:25 SID Kedisan Berita Desa

Bayak  kebudayaan yang dapat kita lihat di Bali. Salah satunya upacara ngusaba tegen di Desa Kedisan, Kintmani., Bangli. Upacara Ngusaba Tegen yang bertempat ring pura Dalem Gede dan Dalem Praja Pati , pada saat upacara ini seluruh masyarakat desa Kedisan Membuat jaja bantal, masing-masing satu Tegen berisi jaja bantal serba 20 buah, jaja uli, pisang, taluh, pesan kara, sesajen dipergunakan mesti dikuskus, direbus atau dibakar tidak boleh digoreng.

 

Prosesi ngusabha tegen dilaksanakan pada setelah tiga atau lima hari sesudah tilem ke tiga. Penduduk Kedisan setiap Upacara Saben tatag sangatlah berantusian, dimana para  laki-laki memikul banten tegenan dan   perempuan mengusung banten gebogan.

 

Upacara ini diakhiri dengan cacah jiwa (Mayah ketekan) dengan memakai jinah bolong, dan diakhiri dengan maluang taluh. Tujuan dari cacah jiwa ini untuk mengetahui secara pasti seluruh Jumlah Penduduk Kedisan secara riil, karena hampir 50% penduduk Kedisan berdomisili di Denpasar, sehingga data Penduduk yang tercatat di Dinas sangatlah jauh berbeda jumlahnya.

 

Setelah semua warga melakukan cacah jiwa, uang kepeng hasil cacah jiwa terkumpul ditanam dihalaman pura setempat. Dimana maksud dari penguburan uang ini adalah untuk menyampaikan kepada Ida Bhatara yang beristana di Pura Dalem setempat jumlah keseluruhan masyarakat Desa Kedisan.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Perbekel Sekretaris Desa Kelian Banjar Dinas Kasi Pemerintahan Kasi Pelayanan Kasi Kesra dan Pembangunan Kaur Keuangan Kaur Perencanaan Kaur Umum Bendahara Staff SID PENYULUH BAHASA BALI PLKB DESA KEDISAN

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookYouTube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung